Cara Memulihkan NXDomain dan Status ClientHold pada Website

Trik cara memulihkan domain yang ter-suspend hingga muncul status NXDomain dan ClientHold karena aktivitas phising.


1 min read
Cara Memulihkan NXDomain dan Status ClientHold pada Website

Website Anda tidak dapat diakses dan tertulis pada browser atau saat dicek di DNSCheck statusnya NXDomain? Itu berarti domain Anda suspended atau ter-suspend.

Kenapa di-suspend? Bisa dua alasannya: pertama, karena Anda tidak melakukan konfirmasi kepemilikan domain. Pada saat pendaftaran domain, provider domain akan mengirimkan verifikasi kepemilikan domain melalui email. Klik link konfirmasi. Jika tidak, maka domain ada kemungkinan akan tersuspend.

Adapun yang kedua, domain akan tersuspend karena ada aktivitas mencurigakan pada website, seperti aktivitas phising. Provider domain biasanya akan mengirimkan peringatan untuk menghapus file yang diduga melakukan aktivitas phising. Jika tidak dilakukan dalam beberapa hari domain akan tersuspend.

Ciri domain tersuspend adalah, jika kita melihat pada status whois, ada tertulis pada bagian domain status: ClientHold. Seperti tampak pada gambar berikut:

Di kolom whois, domain yang normal tidak ada status: ClientHold, sedangkan yang tersuspend sebaliknya, ada status ClientHold.

Bagaimana cara memulihkannya? Kontak provider domain atau tempat Anda membeli domain dan minta agar dipulihkan status ClientHold. Simple. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 24 jam.

Setelah ada konfirmasi dari provider domain bahwa domain Anda sudah tidak disuspend maka website akan normal kembali dan status pada domain tidak akan ada lagi ClientHold.*

Related Articles

GO TOP

🎉 You've successfully subscribed to Stay Home!
OK